Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi

Nyeri sendi atau osteoarthritis merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan persendian mengalami pembengkakan hingga akhirnya menyebabkan rasa nyeri. Memiliki nyeri sendi tentu sangat menggangu aktivitas sehari-hari kita. Berikut ini ada beberapa Anjuran Dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi untuk mencegah dan meringakan nyeri sendi.

Anjuran Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi

anjuran-makanan-untuk-penderita-nyeri-sendi

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Benar sekali, dari pada mengobati nyeri sendi, lebaik baik kita mencegah nyeri sendi dari sekarang juga. Berikut ini ada beberapa makanan yang baik untuk mencegah dan mengurangi nyeri sendi.

  • Anggur
    Khasiat dan keampuhan anggur telah dikenal dan digunakan sebagai bahan dasar produk kesehatan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Siapa sangka, ternyata anggur sangat baik dikonsumsi oleh penderita nyeri sendi, karena anggur mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk mencegah radikah bebas dan membantu mengurangi peradangan pada sendi.
  • Apel
    Apel sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi nyeri sendi. Hal ini dikarenakan pada buah apel mengandung kandungan boron dan mineral yang sangat baik untuk merinbgankan nyeri sendi.
  • Bawang putih
    Bawah putih banyak digunakan sebagai bahan ramuan tradisional alami untuk meredakan nyeri sendi. Kandungan belerang pada bawang putih sangat baik untuk meredakan nyeri sendi atau osteoatrhritis.
  • Cabai
    Cabai mengandung capsaicin. Senyawa ini dapat membantu menghasilkan panas dalam tubuh. Dengan demikian, panas yang dihasilkan dapat membantu menghambat rasa nyeri dengan mendorong sel-sel saraf tertentu.
  • Jahe
    Jahe dianggap baik untuk meringankan rasa sakit karena radang sendi. Jahe mengandung fitonutrien yang memiliki efek kuat terhadap kesehatan tubuh kita. Jahe memiliki efek anti-inflamasi yang baik untuk meringankan rasa sakit karena radang sendi.
  • Jeruk
    Buah jeruk memiliki kandungan radikal bebas yang berperan dalam meringankan rasa sakit karena radang sendi.
  • Mangga
    Mangga dapat meringankan rasa sakit karena radang sendi. Mangga dikemas dengan antioksidan yang kuat dan vitamin C.
  • Minyak zaitun
    Minyak zaitun baik untuk kesehatan. Ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan mengandung senyawa yang disebut oleocanthal. Senyawa ini mencegah peradangan yang berhubungan dengan arthritis.
  • Nanas
    Buah ini kaya akan bromelain, yang merupakan enzim yang dapat protein. Buah tropis ini baik dalam menurunkan peradangan dan membantu mengurangi nyeri karena osteoarthritis. Cara terbaik adalah untuk mengonsumsi nanas adalah antara waktu makan. Hal ini dikarenakan enzim akan digunakan untuk mencerna makanan Anda.
  • Pepaya
    Buah ini merupakan obat tradisional untuk menyembuhkan dan meringankan rasa sakit karena radang sendi. Pepaya mengandung antioksidan dan vitamin C yang baik untuk keluhan arthritis di kaki.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi

pantangan-makanan-untuk-penderita-nyeri-sendi

Setelah diatas membahas mengenai Anjuran Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi yang dapat membantu meringankan nyeri sendi, berikut ini ada beberapa Pantangan Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi yang sebaiknya anda hindari untuk mencegah nyeri sendi sering kambuh bahkan bertambah parah.

  • Alkohol dan rokok
    Merokok akan semakin memperparah penyakit radang sendi Anda dan rematik. Sementara alkohol juga berefek buruk yang sama.
  • Daging
    Daging memang tinggi akan kandungan zat besi di dalamnya. Namun penderita radang sendi sebaiknya menguranginya sebab daging mengandung lemak yang bisa menjadi bahan beracun dan memperburuk peradangan.
  • Garam
    Kelebihan garam dalam tubuh mampu memperparah peradangan. Oleh karena itu hindari untuk mengonsumsi makanan olahan dan kemasan yang banyak mengandung garam di dalamnya.
  • Gluten
    Gluten merupakan protein yang ditemukan di dalam gandum dan biji-bijian lainnya. Mereka yang menderita nyeri sendi sebaiknya tidak mengonsumsi gluten karena akan memperparah peradangan.
  • Gorengan
    Mengonsumsi makanan yang digoreng akan memperburuk penyakit radang sendi dalam 2 cara. Pertama adalah semakin memperparah peradangan. Sedangkan yang kedua adalah meningkatkan berat badan Anda sehingga akan menempatkan lebih banyak tekanan pada sendi Anda.
  • Gula dan karbohidrat olahan
    Gula dan karbohidrat olahan akan mengakibatkan peningkatkan jenis toksin dalam tubuh yang disebut dengan advanced glycation end product (AGE) yang mampu merusak protein tertentu dalam tubuh. Hal ini menjadi salah satu faktor yang semakin memperparah penyakit Anda.
  • Produk lahan susu
    Kandungan protein di dalam susu mampu merusak antibodi tubuh yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari peradangan. Oleh sebab itu mereka yang sedang menderita nyeri sendi sebaiknya tidak minum susu atau mengonsumsi olahan susu.

Itulah beberapa Anjuran Dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi. Untuk mengobati nyeri sendi sebaiknya anda menggunakan obat nyeri sendi tradisional dari pada menggunakan obat nyeri kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Untuk informasi mengenai obat nyeri sendi silahkan klik disini. Terimakasih atas kunjungan anda dan telah berkenan membaca artikel ini, jika bermanfaat jangan lupa untuk klik share.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest